Inggris vs Swiss
Wembley (6/2)

——————————
Awal dari Akhir

Ketika secara resmi diumumkan sebagai manajer Inggris pada 14 Desember 2007, Fabio Capello menyatakan bahwa itu akan menjadi akhir dari perjalanan karier di dunia pelatih. Akhir karier tersebut akan diawali laga uji coba melawan salah satu tuan rumah Euro 2008, Swiss, di Wembley, Rabu (6/2).

Meski telah ditunjuk sejak Desember, kontrak Capello efektif dimulai 7 Januari 2008 untuk jangka dua setengah tahun dengan kemungkinan perpanjangan dua tahun. Pada 24 Januari, Capello dinobatkan sebagai Presiden League Managers’ Association, yang selalu diberikan kepada pelatih timnas, demi menunjang kerja dalam berhubungan dengan para manajer klub.

Sepekan kemudian, 31 Januari, manajer The Three Lions anyar mengumumkan 30 pemain untuk menghadapi Swiss dan hanya berselang dua hari langsung diperas menjadi 23 pemain. Para pemain mulai berkumpul pada Senin sore di hotel tim di Watford.

Sejak awal tidak terdapat pemain-pemain senior seperti Sol Campbell, Garry Neville, Phil Neville, dan David Beckham karena alasan tidak fit. Meski belakangan berlatih di Arsenal karena Major League Soccer tengah istirahat, Beckham tidak pernah tampil sejak membela Inggris pada 21 November 2007 saat kalah 2-3 dari Kroasia di Euro 3008.

Padahal Becks sangat berambisi bisa tampil untuk melengkapi cap 99 yang sudah dijalani menjadi angka 100. Ironisnya belakangan pemain LA Galaxy itu melakukan perjalanan ke Sierra Leone dan Brasil untuk mempromosikan Unicef dan perwakilan akademi baru miliknya.

Capello juga tidak memanggil Paul Robinson, kiper yang sudah kehilangan tempat di tim inti Tottenham Hotspur. Ketujuh pemain yang terkena pengurangan adalah Curtis Davies, Emile Heskey, Nicky Shorey, Glen Johnson, Stewart Downing, Ledley King, dan Michael Carrick. Heskey dan King memang tak bisa bergabung karena cedera.

Debut Agbonlahor

Don Fabio tetap memasukkan striker Aston Villa, Gabriel Agbonlahor. Pemain berusia 21 tahun yang naik kelas dari timnas U-21 ini menjadi salah satu dari empat penyerang di tim bersama Michael Owen, Wayne Rooney, dan Peter Crouch. Dengan demikian, Agbonlahor berpeluang untuk melakukan debut bersama tim senior.

“Saya ingin menjelaskan bahwa para pemain yang tidak masuk skuad saat ini masih ada dalam rencana-rencana saya. Kami akan memantau terus kondisi para pemain terutama untuk pertandingan resmi yang dimulai pada September,” Capello menjelaskan di BBC Sports menyangkut para pemain yang tidak dipanggil.

“Tentu kehilangan besar tanpa Ledley King di tim. Ia sangat bagus dan membuat saya sangat tertarik ketika melihatnya bermain. Saya memahami status cederanya setelah berbicara dengan Juande Ramos pada Jumat lalu. Cedera yang menimpa Emile Heskey juga mengecewakan, tapi kami harus berkonsentrasi kepada para pemain yang ada di dalam tim.”

Konsentrasi dan kedisiplinan dalam permainan juga menjadi penekanan Capello. Meski tajuknya uji coba, Capello tidak mau awal kiprahnya ternoda. Kemenangan harus menjadi fondasi sebelum terjun ke kompetisi sesungguhnya.

Di lain sisi, pelatih Swiss, Jakob Kuhn, juga melecut timnya untuk tampil habis-habisan. Status tuan rumah Euro 2008 sehingga bisa lolos langsung–Inggris malah tidak lolos–membuat Kuhn berambisi untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Swiss tak hanya mengandalkan tiket langsung lolos, tapi juga punya skuad yang kuat.

Philippe Senderos, Fabio Celestini, Gelson Fernandes, Hakan Yakin (Young Boys), dan Johan Vonlanthen adalah nama-nama yang patut diwaspadai Capello. Sayangnya Kuhn tidak bisa membawa dua striker senior, Marco Streller dan Alexander Frei, akibat cedera. Tapi, di sisi lain, itu menjadi berkah untuk penyerang debutan berusia 19 tahun dari FC Basel, Eren Derdiyok.

Derdiyok juga dipromosikan dari timnas U-21 ke tim senior. Meski hanya sempat enam kali menjadi starter di Liga Super Swiss untuk Basel sejak debutnya pada musim lalu, Derdiyok menjadi perhatian publik karena penampilan hebat saat membela Swiss U-21 pada kualifikasi Piala Eropa. Ia telah mencetak enam gol dari empat penampilan di Grup 5. (Yudhi F. Oktaviadhi)

PRAKIRAAN FORMASI
—————————————
INGGRIS (4-4-2) James; Richards, Woodgate, Ferdinand, A. Cole; Wright-Phillip, Gerrard, Hargreaves, J. Cole; Owen, Rooney Cadangan: Carson, Kirkland, Bridge, Brown, Upson, Lescott, Bentley, Young, Jenas, Berry, Crouch, Agbonlahor. Pelatih: Fabio Capello (Italia)

SWISS (4-4-2) Zuberbuhler; Behrami, Senderos, Spycher , Grichting ; Celestini, Yakin, Inler, Margairaz; Nkufo, Vonlanthen Cadangan: Benaglio, Coltorti, Eggimann Lichtsteiner, Von Bergen, Barnetta, Degen, Fernandes, Gygax, Ziegler, Derdiyok. Pelatih: Jakob Kuhn